Rabu, 27 Maret 2013

Tugas Soft Skill 1 : Interaksi Manusia Komputer

1.       Apa Itu Interaksi Manusia dengan Komputer
            Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.
            IMK atau interaksi manusia dan komputer adalah suatu ilmu yang sangat berkaitan dengan disain implementasi dan evaluasi dari sistem komputasi iyang interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang ruang lingkupnya,ada interaksi antara satu atau lebih manusia dan satu atau lebih komputasi mesin. Agar komputer dapat diterima secara luas dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik.
            Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik.
            Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya.
Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik. HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly). Tidak hanya perancangan layout layar monitor. Dari sudut pandang pengguna merupakan keseluruhan sistem sehingga Useful, Usable, Used
Useful: fungsional, dapat mengerjakan sesuatu
Usable: Dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah, mengerjakan sesuatu yang benar (does the right things)
Used: Terlihat baik, tersedia dan diterima/digunakan oleh organisasi


2.     IMK dalam dunia Teknologi komputer
            Sebagai orang  yang hidup di zaman teknologi seperti sekarang ini, teknologi digunakan sebagai salah satu alternative untuk menyelesaikan pekerjaan, bersosialisasi dengan orang-orang di seluruh lapisan dunia, bahkan untuk mendapatkan penghasilan lewat dunia maya. Maka dari itu kita memerlukan IMK sebagai salah satu disiplin ilmu yang dapat kita digunakan sebagai pelajaran untuk bergelut dengan dunia teknologi terutama komputer. Dan menjadi teman yang "ramah" bagi sistem komputer sampai dengan perangkatnya. Untuk mencapai keberhasilan dan hasil yang diharapkan dalam penggunaannya, IMK membantu dalam setiap prosesnya. Seperti, merancang dengan matang program yang ingin kita buat dan capai tentunya, mendesain apa yang telah kita rancang untuk langkah selanjutnya, menerapkan segala apa yang telah dirancang dan didesain sebagai wujud proses yang sedang dilakukan, setelah program telah berjalan dan mendapatkan hasil, maka proses evaluasi pun dilakukan sebagai langkah untuk memperbaiki kesalah maupun kekurangan yang terjadi seta meningkatkan apa yang telah dianggap baik.
Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa IMK diperlukan untuk membantu setiap proses yang dilakukan manusia dengan teknologi komputer khususnya untuk mendapatkan hasi akhir yang diharapkan.
 Keterkaitan IMK dalam ilmu komputer : suatu ilmu tentang komputer beserta pemrogramannya. Mereka semua terkait dengan IMK karena IMK tidak akan dapat berdiri sendiri sebab IMK merupakan interkasi manusia dengan komputer sehingga ilmu-ilmu yang mempelajari tentang manusia, faktor psikologis manusia dan tentang komputer beserta perlengkapan dan perangkatnya dibutuhkan sebagai satu informasi utuh dan saling terintegrasi yang dapat digunakan bahkan diterapkan dalam penggunaan disiplin ilmu IMK dalam kehidupan.

3.     Siapa Saja yang terlibat dalam IMK

Interaksi adalah juga disebut proses hubungan timbal balik diantara manusia (aktif) dengan komputer (pasif). IMK adalah perihal, tata bentuk, penilaian dan implementasi sistem komputer interaktif untuk kegunaan manuasia dengan kajian fenomena yang didalamnya / interaksi antara pengguna dengan sistem. komponen yang melibatkan model interaksi diantara pengguna :
a. Pengguna (manusia)
b. Sistem (mesin)
c. Interaksi


4.     Ruang Lingkup IMK meliputi 3 komponen :

·         Manusia 
·         Komputer
·         Interaksi

Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. User ini berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer.  

Komputer merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak)  

Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka  
Fokus: perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).

Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.

5.     Contoh Interaksi Manusia dan Komputer

  •    AUDIO Dalam bidang komunikasi, istilah media yang sering kita sebut sebenarnya adalah menyebutan singkat dari media komunikasi. Media komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan masyarakat. Televisi dan radio adalah contoh media yang paling sukses menjadi pendorong perubahan. Audio-visual juga dapat menjadi media komunikasi. Penyebutan audio-visual sebenarnya mengacu pada indra yang menjadi sasaran dari media tersebut. Media audiovisual mengandalkan pendengaran dan penglihatan dari khalayak sasaran (penonton). Produk audio-visual dapat menjadi media dokumentasi dan dapat juga menjadi media komunikasi. Sebagai media dokumentasi tujuan yang lebih utama adalah mendapatkan fakta dari suatu peristiwa. 
  •    Kedokteran Dalam sebuah rumah sakit, suara Mengenal dari elektrokardiograf berbunyi 'bip' dalam irama ke jantung; pager alert wanita di sebuah sudut jalan, telegraf memancarkan klik merata-spasi dalam kode Morse. Semua ini adalah contoh menampilkan pendengaran, suara yang dibuat oleh sebuah mesin dalam rangka berhubungan informasi. Di zaman ketika bahasa telah menjadi bentuk Komunikasi Dominan, suara memainkan peran penting dalam hidup kita. Sedangkan Dalam berinteraksi dengan komputer, para pemakai akan berhadapan dengan perangkat keras komputer. Untuk sampai pada isi yang ingin disampaikan oleh perangkat lunak, pemakai dihadapkan terlebih dahulu dengan seperangkat alat seperti keyboard, monitor, mouse, joystick, dan lain-lain. Selanjutnya, pemakai akan berhadapan dengan macam-macam tampilan menu, macam-macam perintah yang terdiri dari kata atau kata-kata yang harus diketikkannya, misalnya save, copy, delete, atau macam-macam ikon.


6.      Sumber         :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar