1. Apa Itu Interaksi Manusia dengan Komputer
Interaksi manusia dan komputer
adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang
meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer
agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi manusia dan komputer
sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh
manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk melaksanakan
dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.
IMK atau interaksi manusia dan
komputer adalah suatu ilmu yang sangat berkaitan dengan disain implementasi dan
evaluasi dari sistem komputasi iyang interaktif untuk digunakan oleh manusia
dan studi tentang ruang lingkupnya,ada interaksi antara satu atau lebih manusia
dan satu atau lebih komputasi mesin. Agar komputer dapat diterima secara luas
dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik.
Hal ini tidak berarti bahwa semua
sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer
perlu dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan
pengguna secara spesifik.
Pada tahun
1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan
mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan
komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor
penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya.
Istilah human-computer
interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai
bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini
mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka
secara fisik. HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan,
evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh
manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat
agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly).
Tidak hanya perancangan layout layar monitor. Dari sudut pandang pengguna
merupakan keseluruhan sistem sehingga Useful, Usable, Used
Useful:
fungsional, dapat mengerjakan sesuatu
Usable:
Dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah, mengerjakan sesuatu yang benar (does the right things)
2.
IMK dalam dunia Teknologi komputer
Sebagai
orang yang hidup di zaman teknologi seperti sekarang ini, teknologi
digunakan sebagai salah satu alternative untuk menyelesaikan pekerjaan,
bersosialisasi dengan orang-orang di seluruh lapisan dunia, bahkan untuk
mendapatkan penghasilan lewat dunia maya. Maka dari itu kita memerlukan IMK
sebagai salah satu disiplin ilmu yang dapat kita digunakan sebagai pelajaran
untuk bergelut dengan dunia teknologi terutama komputer. Dan menjadi teman yang
"ramah" bagi sistem komputer sampai dengan perangkatnya. Untuk
mencapai keberhasilan dan hasil yang diharapkan dalam penggunaannya, IMK
membantu dalam setiap prosesnya. Seperti, merancang dengan matang program yang
ingin kita buat dan capai tentunya, mendesain apa yang telah kita rancang untuk
langkah selanjutnya, menerapkan segala apa yang telah dirancang dan didesain
sebagai wujud proses yang sedang dilakukan, setelah program telah berjalan dan
mendapatkan hasil, maka proses evaluasi pun dilakukan sebagai langkah untuk
memperbaiki kesalah maupun kekurangan yang terjadi seta meningkatkan apa yang
telah dianggap baik.
Dengan kata lain dapat disimpulkan
bahwa IMK diperlukan untuk membantu setiap proses yang dilakukan manusia dengan
teknologi komputer khususnya untuk mendapatkan hasi akhir yang diharapkan.
Keterkaitan IMK dalam ilmu komputer : suatu ilmu tentang komputer
beserta pemrogramannya. Mereka semua terkait dengan IMK karena IMK tidak akan
dapat berdiri sendiri sebab IMK merupakan interkasi manusia dengan komputer
sehingga ilmu-ilmu yang mempelajari tentang manusia, faktor psikologis manusia
dan tentang komputer beserta perlengkapan dan perangkatnya dibutuhkan sebagai
satu informasi utuh dan saling terintegrasi yang dapat digunakan bahkan
diterapkan dalam penggunaan disiplin ilmu IMK dalam kehidupan.
3. Siapa Saja yang terlibat dalam IMK
Interaksi
adalah juga disebut proses hubungan timbal balik diantara manusia (aktif)
dengan komputer (pasif). IMK adalah perihal, tata bentuk, penilaian dan
implementasi sistem komputer interaktif untuk kegunaan manuasia dengan kajian
fenomena yang didalamnya / interaksi antara pengguna dengan sistem. komponen
yang melibatkan model interaksi diantara pengguna :
a. Pengguna (manusia)
b. Sistem (mesin)
c. Interaksi
4. Ruang Lingkup IMK meliputi 3
komponen :
·
Manusia
·
Komputer
·
Interaksi
Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. User ini berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer.
Komputer merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak)
Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka
Fokus: perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).
Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.
Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. User ini berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer.
Komputer merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak)
Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka
Fokus: perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).
Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.
5.
Contoh Interaksi Manusia dan Komputer
- AUDIO Dalam bidang komunikasi, istilah media yang sering kita sebut sebenarnya adalah menyebutan singkat dari media komunikasi. Media komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan masyarakat. Televisi dan radio adalah contoh media yang paling sukses menjadi pendorong perubahan. Audio-visual juga dapat menjadi media komunikasi. Penyebutan audio-visual sebenarnya mengacu pada indra yang menjadi sasaran dari media tersebut. Media audiovisual mengandalkan pendengaran dan penglihatan dari khalayak sasaran (penonton). Produk audio-visual dapat menjadi media dokumentasi dan dapat juga menjadi media komunikasi. Sebagai media dokumentasi tujuan yang lebih utama adalah mendapatkan fakta dari suatu peristiwa.
- Kedokteran Dalam sebuah rumah sakit, suara Mengenal dari elektrokardiograf berbunyi 'bip' dalam irama ke jantung; pager alert wanita di sebuah sudut jalan, telegraf memancarkan klik merata-spasi dalam kode Morse. Semua ini adalah contoh menampilkan pendengaran, suara yang dibuat oleh sebuah mesin dalam rangka berhubungan informasi. Di zaman ketika bahasa telah menjadi bentuk Komunikasi Dominan, suara memainkan peran penting dalam hidup kita. Sedangkan Dalam berinteraksi dengan komputer, para pemakai akan berhadapan dengan perangkat keras komputer. Untuk sampai pada isi yang ingin disampaikan oleh perangkat lunak, pemakai dihadapkan terlebih dahulu dengan seperangkat alat seperti keyboard, monitor, mouse, joystick, dan lain-lain. Selanjutnya, pemakai akan berhadapan dengan macam-macam tampilan menu, macam-macam perintah yang terdiri dari kata atau kata-kata yang harus diketikkannya, misalnya save, copy, delete, atau macam-macam ikon.
6. Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar